Penjelasan Makna Dan Keutamaan Ucapan Assalamu’alaikum

Penjelasan Makna Dan Keutamaan Ucapan Assalamu’alaikum
December 28, 2020 0 Comments

Islam adalah agama yang ramhatan lilalamin, agama damai dan penuh kasih sayang dari dulu sampai sekarang dan sampai akhir zaman. Tidak ada sama sekali dalam sebuah ajaran Islam mengajarkan permusuhan dan menabur kebencian .

Bahkan Islam selalu memberikan doa kepada siapa saja dalam konsep ukhuwah yang sangat mulia dan wajib di lafdzkan dalam bentu salam. Isalam sendiri dari sisi makna artinya adalah damai dan keselamatan.

Kemudian Islam juga memiliki sebuah ciri yang sangat kental ketika bertemu dengan sesama muslim wajib hukumnya dalam mengucapkan salam yang artinya adalah mendoakan keselamatan dan ini sangatlah mulai sekali.

Lafaz tersebut berbunyi assalamualaikum. Assalamu’alaikum memiliki makna yang dalam yakni semoga keselamatan terlimpah, menyertai dirimu. Ini adalah sebuah doa, semakin banyak yang saling mendoakan tentu saja akan semakin baik maka diwajibkan hukumnya ketika bertemu, bertamu mengucapkan Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Sedangkan dijelaskan pada banyak sumber seperti yang dikutip dari Imam Nawawi lafaz salam ini ada tingkatanya ternyata apa saja itu mari kita simak dan ambil yang maknanya lengkap itu lebih baik tentu saja.

  • Assalamu’alaikum artinya adalah semoga keselamatan terlimpah untukmu.
  • Bila ditambahkan: Warahmatullah artinya semoga Allah melimpahkan keselamatan dan rahmat-nya untukmu / semoga keselamatan dan rahmat Allah terlimpah untukmu.
  • Terakhir, jika dilengkapi dengan: Warahmatullahi Wabarakatuh artinya adalah semoga Allah melimpahkan keselamatan, rahmat dan keberkahan untukmu atau semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah padamu.

Dalam tulisan bahasa arab sendiri lafadz assalamualaikum ini akan dituliskan seperti ini:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْعَلَيْكُمْ

Artinya seperti yang sudah kami jelaskan diatas adalah: semoga keselamatan terlimpah padamu.

Apabila kita artikan dari suku kata maka akan menjadi.

Salam( السلام )             : Keselamatan

‘Alaikum ( عليكم )         : ‘ala (علي) artinya untuk/atas  dan kum(كم) artinya kalian.

Wa(و)                        : Dan

Rahmatullah(رحمةالله ) : Rahmat Allah

Barakatuh (بركاته)    : Keberkahan-Nya.

Keutamaan Mengucapkan Assalamu’alaikum

Sekarang kita coba bahas dari keutaman dalam mengucapkan assalamu’alaikum. Dimana ada hadis yang mengatakan jika mengucapkan salam sunnah dan ada juga yang wajib. Yuk, kita bahas dengan mengutip dari beberapa hadist berikut ini!

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin al-‘Ash Radhiyallahu anhuma bahwa ada seorang yang bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, Apakah (amal dalam) Islam yang paling baik? Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “(Yaitu) kamu memberi makan (orang yang membutuhkan) dan mengucapkan salam kepada orang (Muslim) yang kamu kenal maupun tidak kamu kenal” (HSR. Al-Bukhâri, no. 12 dan 28 dan Muslim, no. 39)

Sebagaimana hadist Nabi Muhammad SAW, “Kalian tidak akan masuk surga sampai kalian beriman (dengan benar) dan kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai (karena Allâh Azza wa Jalla ).

Maukah kalian aku tunjukkan suatu amal yang jika kalian kerjakan maka kalian akan saling mencintai? Sebarkan salam di antara kamu” (HR. Muslim No. 54).

Mengenai keutamaannya, Rasulullah SAW bersabda: “Seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan mengucapkan, ‘Assalamu’alaikum?’ Beliau membalas salam orang tersebut, kemudian orang itu duduk.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sepuluh pahala.” Setelah itu ada orang lain yang datang dan mengucapkan salam, ‘Assalamu’alaikum wa rahmatullah.” Beliau membalas salam orang tersebut, kemudian orang itu duduk, maka beliau bersabda: “Dua puluh pahala.”

Setelah itu ada lagi orang yang datang dan mengucapkan salam, ‘Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh’, beliau membalas salam orang tersebut kemudian orang itu duduk. Beliau lalu bersabda: “Tiga puluh pahala.” (HR. Abu Daud dan At-Tirmizi).