Kreatif, Begini Cara Mengolah Limbah Jadi Berkah

Kreatif, Begini Cara Mengolah Limbah Jadi Berkah
June 14, 2021 0 Comments

Limbah menjadi salah satu hal yang biasanya merugikan lingkungan sekitar. Namun, tahukah Anda bahwa limbah bisa menjadi inovasi luar biasa yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah limbah kotoran sapi. Pengolahan limbah ini sangat mudah. Bagaimana cara mengolah limbah Jadi berkah? Yuk, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Prinsip Pembuatan Biogas dari Kotoran Sapi

Pembuatan biogas dengan menggunakan kotoran sapi dilakukan dengan cara dekomposisi bahan organik secara tertutup dari udara bebas yang nantinya akan menghasilkan gas metana dan karbondioksida. Hasil gas tersebut akan digunakan sebagai bahan bakar.

Teknologi pemanfaatan limbah kotoran sapi ini sudah banyak diterapkan, jadi Anda tak perlu lagi membeli gas untuk kebutuhan bahan bakar. Anda bisa memanfaatkan limbah kotoran sapi untuk bahan bakar di rumah Anda. Tentu saja ini akan membuat pengeluaran Anda lebih hemat.

Selain itu, penggunaan limbah kotoran sapi juga ramah lingkungan. Hal ini membantu meningkatkan kesehatan keluarga peternak. Lingkungan rumah untuk keluarga peternak dan kandang sapi juga menjadi lebih bersih.

Cara Membuat Instalasi Biogas

Pertama-tama sebelum Anda mengolah limbah kotoran sapi adalah membuat instalasinya. Alat yang dibutuhkan adalah digester, atau alat yang dijadikan untuk tempat menampung gas. Siapkan lahan seluas kurang lebih 16 m2. Pastikan Anda meletakan alat tersebut di dekat kandang sapi.

Proses Pembuatan Biogas

Limbah kotoran sapi memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu sebagai biogas. Jika Anda ingin mengolah limbah kotoran sapi, berikut ini beberapa proses mengolah limbah.

  1. Tambahkan air ke dalam pupuk dengan perbandingan 1 :1 antara kotoran dan limbah. Tambahkan air sebelum Anda memasukan limbah kotoran sapi ke dalam digester. Hal ini bertujuan untuk membuat limbah menjadi lebih encer dan mudah dimasukan ke dalam digester.
  2. Siapkan starter sebanyak 1 liter. Masukan limbah sapi yang sudah dicampur dengan air tersebut ke dalam digester sampai penuh. Tambahkan starter, starter berfungsi untuk memproses limbah menjadi gas. Tutup digester dengan rapat, dan jangan biarkan ada udara masuk.
  3. Hari pertama, limbah telah menghasilkan gas, namun gas masih dalam bentuk karbondioksida. Sedangkan, pada hari ke-10, gas yang terkandung di dalam digester sudah mengandung gas metana sebanyak 54%, jadi, gas sudah bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar.
  4. Biogas yang sudah jadi bisa Anda manfaatkan jika sudah memasuki hari ke-14. Pemanfaatan biogas ini tidak akan berbau dan ramah lingkungan. Semakin banyak gas yang digunakan, maka limbah kotoran sapi yang ada di dalam digester akan terus berkurang. Jadi, Anda bisa mengulangi proses ini untuk tetap menggunakan biogas.

Anda bisa membayangkan berapa rupiah yang bisa Anda hemat jika memanfaatkan limbah kotoran sapi. Tak hanya proses pembuatannya yang mudah, untuk mengolah limbah jadi berkah Anda hanya membutuhkan tekad dan kemauan. Selain limbah kotoran sapi, Anda juga dapat memanfaatkan limbah lain, seperti plastik dan kertas.