Berikan Makanan Untuk Kucing yang Tepat Dengan Tips Berikut

Berikan Makanan Untuk Kucing yang Tepat Dengan Tips Berikut
June 8, 2021 0 Comments

Memberikan makanan untuk kucing yang terbaik memang salah satu kewajiban dimana harus dilakukan apabila anda sudah benar-benar ingin memeliharanya. Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang banyak dipilih oleh masyarakat. Selain menggemaskan, hewan lucu inipun dapat dijadikan sebagai teman untuk menghilangkan penat ataupun stress.

Ada banyak cara dimana dapat anda lakukan untuk memberikan kasih sayang. Selain mengajaknya bermain ataupun mengelusnya, anda juga wajib memberikan nutrisi yang terbaik. Dengan cara itulah maka akan membuat hewan ini bisa tumbuh dengan sehat dan selalu aktif dalam bergerak. Terlebih lagi, apabila ia sudah menjadi bagian dari keluarga anda.

Tips Memberi Makanan Untuk Kucing

Memelihara hewan ini memang tidaklah terlalu sulit dibandingkan dengan anjing. Tetapi perlu diingat juga bahwa tidak boleh sembarangan dalam memberikan pakan untuk mereka. Periksa dahulu apakah kandungan yang terdapat didalam produk makanan sudah sesuai standar ataukah belum.

Disamping itu, juga terdapat beberapa jenis makanan untuk kucing yang bisa anda berikan seperti protein, lemak, kolostrum hingga vitamin & mineral. Bukan hanya itu saja, anda juga wajib mengetahui bagaimanakah memberikan pakan berikut ini.

1. Jumlah Porsi Yang Diberikan

Hal paling utama dimana harus diperhatikan adalah jumlah porsinya. Perlu anda ketahui apabila setiap hewan tersebut mempunyai porsi makan berbeda-beda sesuai dengan berat maupun usianya. Sebagai contohnya anak kucing usia 6-12 minggu, membutuhkan porsi 25-80 gram untuk 3-4 kali penyajian.

Sedangkan untuk usia dewasa dengan berat minimal 2-4 maka bisa mengkonsumsi makanan 35-65 gram per hari. Lain halnya dengan kucing senior dengan rentang usia 7-11 tahun, maka porsi makanya minimal 35 gr dan maksimal 135 gr. Kendati demikian, anda juga perlu memperhatikan bagaimanakah penyajiannya didalam kemasan produk makanan kucing tersebut.

2. Berikan Makanan Basah dan Kering

Kebanyakan dari pecinta hewan tersebut lebih memilih memberikan pakan basah terutama ketika nafsu makannya berkurang. Tetapi mengkombinasikan makanan basah dan kering sangat direkomendasikan buat memenuhi kebutuhan kucing agar semakin maksimal. Jangan hanya terpaku pada satu jenis makanan saja.

3. Berikan Vitamin dan Suplemen Sesuai Kondisi Kucing

Perlu diingat apabila memberikannya makan yang sudah memenuhi gizi untuk si kucing sebenarnya sudah cukup. Dimana tidak membutuhkan vitamin maupun suplemen tertentu. Terlebih lagi, saat ini makanan buatnya sudah dilengkapi dengan nutrisi yang mereka butuhkan.

Namun, dalam kondisi tertentu seperti hewan anda sedang mengalami masalah terhadap daya tahannya, maka pemberian vitamin dan suplemen cukup dianjurkan. Namun, perlu diingat untuk selalu berkonsultasi dengan dokter hewan.

Memberikan makan kepada kucing memang menjadi salah satu kewajiban jika anda sudah memutuskan memeliharanya dan menjadikan bagian keluarga. Pastikan anda mengetahui bagaimanakah pemberian makanan untuk kucing yang tepat agar tubuh maksimal.