5 Trik Mengolah Daging Supaya Lebih Empuk dan Enak

Trik Mengolah Daging Supaya Lebih Empuk dan Enak
February 9, 2021 0 Comments

Banyak orang indonesia terutama ibu ibu muda nih menghindari sekali dalam hal memasak aneka jenis daging seperti khususnya daging sapi karena mereka belum menemukan cara mengolah daging sapi yang lembut dan empuk.

Daging sapi sendiri kalau diolah biasa saja baik dalam hal membuat masakan berkuah atau goreng kalau baru matang teksturnya memang lembut namun kalau dibiarkan beberapa menit sampai dingin misalkan maka perlahan akan berubah mengeras dan alot.

Tekstur daging yang keras dan alot ini tentu saja tidak cocok bagi orang tua yang giginya sudah mulai berkurang sampai dengan anak kecil yang susah dalam mengunyah daging. Jadi jangan biarkan cara mengolah daging ini salah sehingga kurang puas nantinya dalam menyantap aneka masakan berbahan daging.

Trik dan cara memasak daging sapi agar empuk ini sebenarnya sangat sederhana sekali ya bund bagi yang sudah paham. Dan jika tidak paham maka bisa dicoba dijamin kualitas dan tekstur daging akan sangat empuk sekali.

Berikut kami berikan tips lengkapnya!

  • Waktu memasak

Ini yang paling penting, dalam memasak daging bunda harus jangan pelit  pada penggunaan gas. Kualitas daging yang empuk akan memakan banyak waktu dalam proses merebusnya bisa sampai 1 jam loh.

Kemudian setelah itu, anda bisa kukus kembali kurang lebih 2 jam dengan api sedang jika ingin hasil yang lebih maksimal. Ini cara yang pertama namun kelemahanya memang boros pada penggunaan gas dan kurang cocok bagi yang ingin memasak daging dalam porsi kecil.

  • Menggunakan bumbu khusus

Bumbu khusus yang bisa bunda gunakan untuk memberikan efek empuk pada daging ini banyak sekali salah satunya adalah memasak daging dengan nanas.

Kemudian bumbu lain kalau tidak ada nanas bunda bisa gunakan merica, cuka, dan bawang merah untuk merebus daging ini supaya lebih empuk.

  • Memotong daging dengan ukuran kecil

Semakin kecil ukuran daging maka proses memasaknya menjadi empuk akan semakin cepat dan sebaliknya. Maka untuk kebutuhan memasak rumah tangga, anda bisa mengakalinya dengan memotong kecil saja.

Sedangkan untuk potongan yang rada besar seperti misalkan iga sapi, kemudian rendang maka anda bisa gunakan metode yang pertama.

  • Memotong daging dengan ukuran tipis

Ini adalah ciri khas dari daging hasil fillet. Dimana sering kita temukan pada olahan masakan korea yang di grill. Yap, mengiris daging dengan benar dengan ukuran setipis mungkin akan lebih mudah membuat proses memasaknya menjadi lebih cepat empuk.

  • Masak dengan suhu yang tepat

Kemudian yang tidak kalah penting juga anda harus tahu dan paham bagaimana tehnik memasak daging ini dari pengaturan suhu panas kompor atau oven misalkan.

Jadi kalau dagingnya dengan potongan rada tebel anda bisa memasak di suhu 140 derajat dan kalau lebih tipis maka bisa dibawahnya. Selain itu dari kontrol api juga demikian, seting dari yang ukuran sedang saja sehingga kualitas kematangan daging baik dan merata.